I.
Trafik yang mengalir
pada jaringan perusahaan
Trafik
jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan alamat jaringan, protokol dan port,
ingress interface, atau klasifikasi lainnya selama masih didukung oleh standard
access list atau extended access list.
Ø Standar ACL
digunakan untuk memeriksa alamat asal dari paket yang akan dirutekan.
Ø Extended ACL
digunakan lebih spesifik daripada standar ACL yang menyediakan lebih banyak
parameter dan argumen.
II.
LAN dan WAN perusahaan
a.
LAN (Local Area Network)
Merupakan
jaringan yang bersifat internal dan biasanya milik pribadi di dalam sebuah
perusahaan kecil atau menengah dan biasanya berukuran sampai beberapa
kilometer. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer atau workstation
dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk pemakaian sumber daya bersama
serta sarana untuk saling bertukar informasi.
b.
WAN (Wide Area Network)
WAN
jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas. WAN terdiri dari
kumpulan LAN, MAN dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program
aplikasi pemakai. Terdapar perangkat yang melewatkan aliran informasi data
dalam sebuah WAN.
Perangkat
tersebut adalah :
Ø Router
Router
adalah peningkatan kemampuan bridge. Router mampu menunjukan rute/jalur dan mem-filter
informasi pada jaringan yang berbeda.
Ø ATM Switch
Menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN
dan WAN
Ø Modem
(modulator/demodulator)
Modem mengonversi sinyal digital dan analog . pada
pengirim, modem mengonversi sinyal digital dalam bentuk yang sesuai dengan
teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau
jaringan telepon (public telephone line) . Di sisi penerima modem mengonversi
sinyal ke format digital kembali.
III.
Intranet dan ekstranet
a. Intranet
adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet,
hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet
(WARNET) pun dapat di kategorikan intranet.
b. Extranet
adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem
telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi
secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner),
pelanggan dan lain-lain.
IV.
Aplikasi-aplikasi
perusahaan dan Pola trafik yang mengalir
Cara yang
tepat untuk membangun hubungan dengan konsumen ialah dengan membangun Customer
Relantionship Management (CRM).
Tujuan utama
dari CRM ini memang bukan kepuasan konsumen, tapi lebih pada loyalitas
konsumen. Konsumen tidak hanya merasa puas sekali dalam menggunakan produk atau
jasa yang ditawarkan suatu perusahaan, namun akan terus menggunakannya.
V.
Aplikasi-aplikasi dan
trafik pada jaringan perusahaan
Salah satu
contoh aplikasi pada perusahaan adalah SISTEM INFORMAS MANAJEMEN ONLINE
MANUFACTURE. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman php dan
support menggunakan database apa saja seperti : mysql, sql server, postgresql
dan oracle. Software ini ditujukan dan bisa digunakan untuk perusahaan dibidang
manufacture.
Kelebihan
software ini :
Ø Simple –
users friendly – powefull – multi platform
Ø Customize
software (jadi sesuai dengan perusahaan anda)
Ø Laporan
menggunakan pdf
Ø Online
internet (akses dimana saja dan kapan saja0
Ø Menggunakan
perhitungan hpp (rata-rata)
Ø Fasilitas
searching lengkap
Ø Fasilitas
sorting asc dan desc lengkap
Ø Adanya
fasilitas export / import di setiap table
Ø Multi
database support
VI.
Prioritas trafik
jaringan
Pada metode
prioritas paket data yang melintasi gateway diberikan prioritas berdasarkan
port, alamat IP atau subnet. Prioritas trafik jaringan ada 2, yaitu FIFO dan
prioritas Antrian.
·
FIFO
Teknik antrian FIFO mengacu
pada FCFS (First Come First Server) , paket data yang pertama datang akan
diproses terlebih dahulu. Paket data yang keluar terlebih dahulu dimasukkan ke
dalam antrian FIFO kemudian dikeluarkan sesuai dengan urutan datangnya.
·
Prioritas Antrian
Pada situasi tertentu
kadang kala kita harus memutuskan suatu permasalahan dengan memilih salah satu
solusi yang perlu dilaksanakan terlebh dahulu dan hal ini disebut prioritas.
VII.
Asas teleworking dan
VPN
Teleworking
adalah suatu aktivitas yang dilakkan oleh pegawai untuk melakukan pekerjaan
dari suatu tempat diluar lokasi unit kerja DJP dan tidak tersambung ke jaringan
internal (intranet) DJP dengan menggunakan teknologi komunikasi sehingga
mendapatkan tingkatan akses yang sama dengan pada saat bekerja dilokasi kantor
(melalui intranet).
Sumber
:
12 Juni 2016 pukul 22.15
Saya sangat senang sekali menemukan website Anda . Sedikit berbagi informasi semoga bermanfaat :
1st Outbound
Tempat Outbound Trawas
Provider Outbound Trawas
Paket Outbound Trawas
Jasa Outbound Trawas
Wisata Outbound Trawas
EO Outbound Trawas